Jumat, 19 Agustus 2016

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) versi 1.2 Tahun 2016


Assalamualaikum wr. wb...
Salam satu data, Pada kesempatan ini admin ingin berbagi tentang Satu Aplikasi Pendataan Sekolah yang terintegrasi dengan dapodik. Sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 15/D/ED/2016 tanggal 15 juli 2016 tentang pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) tahun pelajaran 2016/2017 poin 3 :



"3. Dalam angka pemetaan mutu Pendidikan, sekolah wajib melengkapi Aplikasi PMP (Penjaminan Miti Pendidikan) yang sudh terintregasi dengan Aplikasi DAPODIKTim direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah merilis sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi PMP Ditjen Dikdasmen yang dirilis tanggal 18 Agustus 2016. Tentunya yang menjadi pertanyaan bagi rekan OPS adalah apa fungsi dan manfaat dari aplikasi PMP tersebut.  Berikut penjelasan singkat mengenai aplikasi PMP versi 1.2 :

Aplikasi PMP adalah sebuah sistem yang di buat oleh Jenderal pendidikayan dasar dan menengah Kemendikbud untuk pengambilan data mutu pendidikan Dasar dan menengah di Indonesia. Aplikasi PMP dirilis untuk melengkapi pendataan sekolah, Dalam Aplikasi tersebut berisi beberapa menu diantaranya adalah Kuesioner yang meliputi Hasil Belajar, Isi pendidikan , Proses pembelajaran, Penilaian Pembelajaran , peningkatan kompetensi Pendidik dan tenaga kependidikan dan Pengelolan Pendidikan.

Di Menu yang lain juga tersedia Instrumen kurikulum, dalam menu ini akan tampil tabel daftar mata pelajaran per kelas sesuai dengan kurikulum yang di pilih pada aplikasi dapodik, selain itu daftar pelajaran yang tampil juga tergantung dari input data dapodik versi 2016.a. Sebelum Instal Aplikasi PMP versi 1.2 di sarankan rekan OPS sudah mengupdate aplikasi dapodik versi terbaru yaitu versi 2016.a karena aplikasi PMP Ditjen Dikdasmen ini hanya suport aplikasi dapodik versi 2016.a.

Bagi rekan OPS yang ingin mengistal Aplikasi PMP Versi 1.2 Silahkan Download aplikasinya terlebih dahulu melalui laman resmi dapodik atau melalui link altenatif di bawah ini



Untuk menjaga kualitas unduhan aplikasi itu pastikan koneksi internet anda stabil agar proses download berjalan lancar. Besar file aplikasi PMP adalah 50 MB, jika besar file kurang dari 50 MB akan menyebabkan aplikasi gagal di Instal.

Unduh Instrumen 

================================================
sumber : admin dapodikdasmen /
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

1 comments:

Unknown mengatakan...

cara input kusioner PTK,siswa,komite,Pengawas ke aplikasi PMP gimana? mohon solusinya karena belum ada sosialisasinya

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Copyright © 2012. Slamet Al Matra - All Rights Reserved B.thank's to goggle by Theme Bamz

Selamat datang di Blog Slamet Al Matra'Portal Informasi Guru dan Operator Sekolah Dasar. Terima kasih telah berkunjung diblog kami,Semoga bermanfaat.