Sabtu, 28 Januari 2023

Membentuk Keyakinan Kelas

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Bahagia Ibu/ Bp. Guru Hebat

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan tentang keyakinan kelas yang menjadi dasar dalam memecahkan masalah baik dikelas atau di sekolah sehingga diharapkan siswa mampu mengatasi setiap masalahnya dengan keyakinan atas dasar motivasi diri (Intrinsik) serta siswa mampu berfikir kritis, kreatif, reflektif dan terbuka dalam menggali nilai-nilai dituju pada peraturan yang ada di sekolah.

Ibu-bapak Guru Hebat, sebelum saya mengenal keyakinan kelas setiap awal tahun pelajaran baru saya mengadakan kontrak belajar. untuk sekarang menggunakan keyakinan kelas karena di dalam keyakinan kelas terdapat nilai-nilai kebajikan universal yang disepakti secara tersirat baik dengan siswa maupun orang tua terkait program belajar selama satu tahun kedepan sebagai komitmen bersama untuk suksesnya pembelajaran serta daya dukung orang tua dalam pembelajaran hal ini sebagai bentuk kolaborasi guru dan siswa dalam proses belajar. Proses kegiatan membentuk keyakinan kelas pada awal masuk sekolah siswa masuk kelas dengan melaksanakan pembiasaan sehari-hari datang kesekolah menyalami guru-guru, Sholat Dhuha sebelum pembelajaran, berbaris di depan kelas sebelum masuk, dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai. 

Mengawali kegiatan di kelas guru dengan siswa bertanya jawab kabar dan kegiatan selama liburan hal ini untuk memastikan kondisi fsikologi dan kesiapan belajar siswa serta menyampaikan nilai nilai kebajikan yang didapat siswa selama liburan untuk mengaitkan pengalaman siswa nanti ketahap pembentukan kesepakatan kelas. Untuk membentuk kesepakatan kelas anak-anak di buat keleompok untuk memusyawarakan dan mendiskusikan kesepakatan kelas serta menuliskan hal yang di capai berdasarkan nilai-nilai kebajikan dengan kalimat-kalimat yang positif disusun bersama. walupun di awal siswa karena belum terbiasa membuat keyakinan kelas  akan tetapi dicoba perlahan-lahan  dengan melibatkan seluruh siswa dalam mengambil keputusan akhirnya siswa mampu membuat keyakinan kelas yang berfihak kepada siswa. setelah membuat kesepakan kelas kami meninjau kembali seluruh keyakinan kelas yang sudah disepakati untuk dituliskan dalam secarik kertas dan ditempelkan di dinding. Berikut ini hasil kegiatan pembentukan keyakinan kelas.


Membentuk keyakinan kelas menjadi motivasi intrinsik bagi siswa hal ini menjadi bagian dari budaya positif di sekolah yang berfihak kepada murid.



0 comments:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Copyright © 2012. Slamet Al Matra - All Rights Reserved B.thank's to goggle by Theme Bamz

Selamat datang di Blog Slamet Al Matra'Portal Informasi Guru dan Operator Sekolah Dasar. Terima kasih telah berkunjung diblog kami,Semoga bermanfaat.