Selasa, 02 Desember 2014

E- Dapodik Card


APLIKASI e-Dapodikdas versi baruBanyak nomor yang harus yang dimiliki PTK dan seringkali untuk kepentingan dinas diminta untuk memasukkan nomor-nomor tersebut. Namun tidak semua PTK hapal dengan nomor-nomor yang dimiliki. Karena memang bukan hal yang mudah untuk mengingat nomor-nomor dengan kombinasi-kombinasi nomor yang cukup panjang.Dari situlah muncul ide kreatif OPS sebagai penginput data PTK di aplikasi untuk membuat dan merangkum nomor-nomor yang dimiliki PTK dalam satu kartu untuk memudahkan mencari dan mengingatnya ketika suatu saat harus memasukkan nomor-nomor tersebut untuk suatu kepentingan tertentu.Banyak aplikasi yang selanjutnya bermunculan yang merupakan kreatifitas teman-teman OPS dari berbagai wilayah. Kali ini saya ingin mempersembahkan sebuah aplikasi kecil yang merangkum beberapa nomor milik PTK. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sebelumnya yang di launching di blog nurhayatimualif.blogspot.com.Aplikasi ini merupakan perbaikan dari aplikasi sebelumnya. Beberapa keluhan dari user pada aplikasi yang lalu adalah tidak berjalan lancar pada windows 64 bit. Pada versi e-dapodik 301 ini dilakukan perbaikan sehingga bisa berjalan pada windows 32 bit dan 64 bit. Selain itu logo tutwuri juga diperbaiki.BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA ?Pertama kita membutuhkan file excel yang ada di web progress, karena file tersebut yang akan menjadi sumber data dari Aplikasi ini. Silahkan kunjungihttp://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport dan pilih Sekolah kita dengan mengetikkan no NPSN pada kotak yang telah disediakan.Setelah memasukan KOREG, maka akan tampil semua data yang anda kirim melalui Dapodikdas. Scrool ke bawah hingga menemukan tombol ”Download”. Klik tombol tersebut untuk mendownload file excel yang kita butuhkan.Setelah itu copy file excel tersebut dan jadikan satu folder dengan Aplikasi ini.Bukalah file excel tersebut, dan tambahkan NRG Pendidik pada kolom paling kanan (Kolom AJ atau setelah kolom Pendidikan Terakir). Hal ini dikarenakan data dari Web Progres tidak menyertakan NRG Pendidik.Selanjutnya jalankan Aplikasi ini. Pilih file excel dengan menggunakan tombol “Pilih File”  yang ada di bawah kiri. Aplikasi ini bisa mencetak lebih dari satu sekolah, asal disediakan file excel dari sekolah yang akan dicetak.Setelah itu klik tombol “Koneksi”, jika koneksi berhasil maka data PTK akan tampil dengan sendirinya.Klik tombol “Add foto” untuk menambah foto Pendidik, untuk hasil yg bagus ukuran foto 250 x 200. Klick tombol “Cetak” untuk menyimpan tampilan kedalam file format .jpgJika sukses maka akan ada file “NamaPTK.jpg” di folder e-Dapodik Card.Tombol “< Pref” dan “Next>” digunakan untuk memilih PTK yang akan dicetak kartunya. Silahkan insert file gambar tersebut pada Ms. Word dan print.Sebagai catatan PC/Laptop harus sudah terinstall office 2003/2007/2010/2013. Jika  masih  menggunakan  office  2003, maka  bukalah  file  excel  hasil download dan “save as” format 2003. (.xls)
DIMANA MENDAPATKAN APLIKASI INISilakan teman-teman ikuti LINK ini untuk mendownload aplikasi e-Dapodik Card 301. Setelah berhasil download silakan untuk di ekstrak dulu karena filenya masih berupa file zip. Baru setelah di ekstrak maka aplikasi siap untuk digunakan.Demikian, semoga aplikasi ini memberikan manfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.


Demikian, semoga aplikasi sederhana ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

1 comments:

tarmud mengatakan...

pakai pasword ga

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Copyright © 2012. Slamet Al Matra - All Rights Reserved B.thank's to goggle by Theme Bamz

Selamat datang di Blog Slamet Al Matra'Portal Informasi Guru dan Operator Sekolah Dasar. Terima kasih telah berkunjung diblog kami,Semoga bermanfaat.